Kebiasaan Buruk


Hal yang paling sulit dihindari adalah kebiasaan buruk, yang kadang oleh kita sendiri dibiasakan. Ini berdampak secara psiklogis dan bahkan menjadi pola pikir orang itu.

Kebiasaan buruk menjadi semacam candu yang begitu menyiksa kita, menjadi candu yang harus dituntaskan. Seteleh itu penyesalan baru datang lagi. Dari waktu ke waktu dan terus menerus kebiasaan buruk menuntut kita untuk ikut dalam keinginannya. Keinginan yang sebenarnya begitu bertentangan dengan hati kecil ini.

Kadangkala kita tidak bisa mengantisipasi kebiasaan buruk tersebut, apalagi untuk sekedar mencegahnya. Kita begitu lemah saat dihadapkan dengan kebiasaan buruk yang menawarkan sejuta kenikmatan, sejuta keindahan, dan sejuta angan-angan fatamorgana yang takkan pernah tercapai di kehidupan nyata ini.

Kita begitu sulit untuk menemukan solusi agar bisa membendung kebiasaan buruk kita, karena walaupun solusi untuk mengatasi kebiasaan buruk sudah kita dapatkan tapi kebiasaan buruk sudah kadung terlanjur menjadi pola pikir kita yang mencari-cari alasan untuk tetap melakukan kebiasaan buruk itu.

Dan untuk yang terakhir, bagaimana kita bisa mengubah pola pikir yang selalu mengalah pada kebiasaan-kebiasaan yang tidak bermanfaat dan merugikan kita, dimasa sekarang dan jangka panjangnya dimasa mendatang. Kita tidak ingin masa depan kita hancur karena kebiasaan buruk yang memberi keindahan, kenikmata, khayalan yang sesaat itu bukan...???

0 komentar:

Posting Komentar