Prioritas Spiritual Pegawai Bank

Perbankan adalah bisnis kepercayaan untuk merebut hati nasabah. Namun, apa jadinya jika kepercayaan itu malah dinodai oleh pihak bank sendiri? Tentu saja akan menciptakan phobia bagi calon nasabah bank untuk menyimpang uangnya di bank-bank tertentu. Bahkan citra bank yang selama ini jauh dari kesan buruk penyalahgunaan jabatan pegawainya juga ikut tercemar.

Terjadinya penyalahgunaan wewenang pegawai (seperti menilap uang nasabah) ini salah satunya dikarenakan minimnya optimalisasi peningkatan mekanisme kontrol di perusahaan perbankan. Oleh karena itu, pihak bank perlu memberi pelatihan-pelatihan khusus kepada para pegawainya untuk meningkatkan kinerja dan perbaikan mental mereka.

Namun yang paling penting dari itu adalah pelatihan-pelatihan agama (memberi pendalaman agama kepada pegawai) akan lebih efektif, karena dengan agama yang taat pegawai bank akan selalu merasa diawasi oleh Tuhannya saat ada keinginan untuk menyalahgunakan wewenangnnya atau menilap uang nasabah. Dan hendaknya pihak bank tidak selalu mencari pegawai-pegawai yang cuma mengandalkan ke-seksi-annya saja, tanpa memprioritaskan ketaatan agamanya. Biar kasus Melinda Dee ini tidak terulang lagi.

2 komentar: