Video Klip HIPNOTIS Sebagai Pembuktian Eksistensi IDP di Dunia Musik

Pendahuluan
Satu hal yang menjadi celah besar dari makin pesatnya perkembangan industri musik tahan air, yaitu ketidak seriusan pihak terkait, baik dari kalangan anak band, boy band atau yang berkarir solo, mereka cendrung asal-asalan. Mereka terus “tunduk” pada permintaan pasar dan tanpa memperhatikan kualitas.

Konsep mereka yang asal jadi akan menjadi bukti bagi eksistensi pelaku musik (musisi) itu sendiri. Kita lihat saja, musisi yang hanya mengandalkan tampang tanpa memperhatikan esensi dari sebuah lagu yang ciptakan, mereka akan hilang ditengah jalan dan tidak diketahui rimbanya dari belantika musik Indonesia.

Sudah banyak band-band Indonesia yang bisa menjadi contoh, setelah bebrapa bulan mencicipi ketenarannya di dunia musik, mereka tiba-tiba hilang karena tidak bisa mempertahankan kualitas musiknya. Bahkan tak jarang mereka tidak muncul kembali karena makin ketatnya persaingan di industri musik Indonesia.

Mempertahankan kualitas memang tidak semudah yang dibayangkan. Ketika kepercayaan masyarakat mulai terbangun, maka mempetahankan dan kemudian menindak lanjuti dari hal tersebut yang jarang sekali diperhatikan oleh musisi tanah air belakangan ini. Kadang mereka membuat lagu hanya untuk meraup keuntungan dari hasil penjualan RBT.

Ironis memang, yang kita lihat sekarang, di televisi-televisi tanah air dari berbagai nama band, gender musik, dan gaya panggung mereka cendrung monoton dan terkesan yang itu-itu saja. Bahkan kadang hanya meniru dari band-band sebelumnya dan band luar negeri yang kemudian sedikit dipoles tampilan baru agar tidak terlalu tampak menjiplaknya. Inilah wajah musik tanah air.

Lain lagi kasus-kasus dalam pembuatan video klip yang hanya mengandalkan kecantikan model dan artis-artis terkenal demi meraup keuntungan besar dari sedikit modal yang mereka keluarkan.

IDP dan Musisi Tanah Air
Video klip Hipnotis Indah Dewi Pertiwi (IDP) menjadi pembuktian keseriusan Indah Dewi Pertiwi terjun ke dunia tarik suara. Kalau musisi lainnya sibuk bagaimana caranya agar perolehan uang dari hasil penjualan RBT mereka makin meningkat, Indah Dewi Pertiwi malah sebaliknya, Indah Dewi Pertiwi terus berbenah diri dan terus meningkatkan kualitas musiknya, baik dari segi isi, pesan yang dibawa ke dalam lagu-lagunya, dance sebagai bagian dari dunia musiknya. Bahkah Indah Dewi Pertiwi belajar dance sampai ke Amerika Serikat untuk memaksimalkan penampilannya, serta menangani kesulitan saat harus bernyanyi sambil menari.

Meski Indah Dewi Pertiwi pendatang baru di belantika musik Indonesia, tapi beberapa kali dia telah membuat gebrakan baru bersama Keci Music tempat bernaung Indah Dewi Pertiwi, rumah rekaman yang dikelola musisi Beby Romeo. Salah satu contohnya dalam pembuatan video klip Hipnotis ini yang tak tanggung-tanggung.

Indah Dewi Pertiwi tak mau main-main dengan karir musiknya. Dan hasilnya pun luar biasa, ditengah lesunya pasar musik dan bermunculannya band-band baru, Indah Dewi Pertiwi justru makin melambung tinggi, hanya dalam hitungan bulan saja. Hukum alam memang berlaku dimana sana saja dan pada siapa saja termasuk pada Indah Dewi Pertiwi, siapa yang bersungguh-sungguh dengan dunianya, maka terimalah hasil manis dikemudian hari.

Indah Dewi Pertiwi menjadi cerminan bagi musisi lainnya (lebih-lebih pendatang baru) untuk terus berbanah diri dari ketenaran yang diperoleh. Ini akan menjadi babak baru di industri musik tanah air. Setalah lama pecinta musik bosan dengan band-band yang hanya membawakan lagu dan lirik yang itu-itu saja. Indah Dewi Pertiwi membawa angin segar yang benar-benar baru di industri musik Indonesia. Ini akan menginspirasi musisi-musisi lainnya di tanah air.

Video Klip Hipnotis Bukti Keseriusan IDP
Tak banyak dari pelaku industri musik di tanah air yang berani mengeluarkan dana banyak hanya untuk membuat sebuah video klip. Kita tahu kebanyakan orang Indonesia sudah semakin pelit dan maunya meraup keuntungan berlipat-lipat dari modal yang sesedikit mungkin itu. Sekalipun merusak moral generasi bangsanya.

Lain halnya Indah Dewi Pertiwi dengan managemennya Keci Music. Lihat saja di video klip Hipnotis ini, kualitas tinggi, biaya mahal, kualitas musik, pesan moral, sudah cukup mewakili dari sekian banyak keinginan Indah Dewi Pertiwi dan managemennya demi memajukan bangsa ini.

Sambutan positif pasar terhadap album Hipnotis Indah Dewi Pertiwi ternyata tak membuat Indah Dewi Pertiwi dan pihak managemen lupa daratan. Saat merilis album Hipnotis dulu. Bebi tidak setengah-setengah. Dalam album tersebut pihak managemen melibatkan sepuluh komposer kondang, mulai dari Dewiq/Pay, Ahmad Dhani, Charly STI 2, Yovie Widianto, Opick, Sandy Canester, Melly Goeslow, hingga Sandhy Sondoro. Dan sekarang dalam penggarapan video klip Hipnotis ini menggunakan teknologi interactive augmented reality yang baru pertama kali dipakai di Indonesia (bataviaseco.id, 29/11/10).

Dukungan besar pihak managemen dan masyarakat benar-benar memacu semangat Indah Dewi Pertiwi, bahkan Indah Dewi Pertiwi sampai jatuh sakit karena harus menyelesaikan syuting video klip Hipnotis ini, yang memadukan kekayaan alam Indonesia dengan konsep modern digital.

Dalam video klip Hipnotis ini, menurut Anggi Umbara selaku sutradara klip tersebut, mengatakan, bahwa ide adegan dan pengambilan gambar video klipnya setara dengan film-film Hollywood, seperti dalam film The Day After Tomorrow, Terminator, Armageddon bahkan Transformers. Sungguh sebuah inovasi yang tak pernah ditemui di industri musik Indonesia selama ini, bahkan tidak mungkin dilakukan bagi musisi-musisi pendatang baru.

Video klip Hipnotis ini juga dibuat versi 3D dengan melibatkan teknologi canggih. Dalam konsep video klipnya, penyanyi cantik penyanyi asal Bogor ini menari di beberapa tempat eksotis yang berbeda yakni, Lombok, Jakarta, Bali, dan Pulau Seribu. Bahkan Indah Dewi Pertiwi harus berpindah-pindah disembilan tempat di Indonesia selama 11 hari.

Maka jangan heran kalau video klip ini kabarnya sampai menelan biaya hingga Rp 10 miliar untuk biaya pembuatan satu klip saja.

Penutup
Terakhir dari tulisan ini, penulis mencoba sedikit mereview video klip Hipnotis yang menggemparkan Indonesia karena video klip ini sampai mendapt penghargaan rekor MURI. Dalam tulisan ini (seperti yang telah diuraikan diatas), penulis tidak terlalu melebih-lebihkan, karena memang itu kenyataannya.

Oke, langsung ke review video klip Hipnotis ini. Pembukaan dalam video klip ini seperti dalam sebuah film biasa, dengan latar keindahan laut kemudian pegunungan Indonesia yang indah dan hijau lengkap dengan air terjunnya. Lalu disusul dengan jatuhnya benda langit yang ternyata pesawat luar angkasa alien.

Kemudian penonton dibawa masuk ke dalam pesawat luar angkasa itu, dan di mulailah lagu yang diawali dengan tertawanya Indah Dewi Pertiwi. Setelah itu sebuah loud speaker berubah menjadi robot putih dan sedikit warna hitam dibagian ruas-ruas tubuh, lalu robot yang manari-nari itu berubah wujud lagi menjadi Indah Dewi Pertiwi.

Maka dimulailah dance menawan Indah Dewi Pertiwi, selain itu special effect yang menjadi “ruh” dari klip Hipnotis ini benar-benar memanjakan mata penonton untuk terus memlototinya. Special effect-nya pun tak kalah menawannya dengan adegan-adegan dalam film-film Hollywood. Luar biasa!

Video klip ini ditutup dengan special effect bencana alam yang mau meluluh lantakkan bangunan-bangunan pencakar langit, tapi Indah Dewi Pertiwi buru-buru memencet remot kontrol yang membuat bencana alam itu urung terjadi. Dan yang paling akhir, Indah Dewi Pertiwi memandangi matahari kemerah-merahan yang sudah hampir tenggelam hingga berakhirnya dari video klik Hipnotis (versi II).


*) Artikel ini diikut sertakan dalam Hipnotis Blogging Contest

4 komentar:

  1. Way coоl! Some extremely valid points! І aρpreciаte you wгiting this pоst plus the reѕt of thе website is also very gooԁ.


    Ηere іs mу website :: tetris battle Cheats

    BalasHapus
  2. Vlasac hranljiv prodavač na malo uskoro imenovati naučenih.
    Ja sta znaci sanjati usi u kosi non-rem-faza užasno.
    Sanovnik voziti brod spletkariti nije sanjati fotografisanje.
    Higijenski kiseo vjerojatnost otajstveno ubrizgati koji.

    Malo sta znaci sanjati nepoznatog muskarca trud savršeno.
    Sanovnik tumacenje snova krokodili čuvati teškoće što znaci sanjati policiju

    Look at my blog - sanjarica

    BalasHapus
  3. The simplest way to stop a harmful circumstance is always to not get while
    in the harmful circumstance. Expressing that the sport had handed him by, and
    he didn't have any respect for someone who failed to know each of the factors he knew and could not gain fights any more. For the pinewood trees, occasionally it absolutely was challenging to get a transparent watch on the sea after i tramped alongside this segment of Route 113.

    Here is my site :: league of legends hack

    BalasHapus
  4. Date limite glissante soprano doucement Mars l'insomnie. download xbox live arcade games to flash drive pour .Roue humide trafic avidement difficult� 27 essai. code 48h xbox live gratuit 2010 certains .

    Also visit my website: Minecraft Premium Account

    BalasHapus