(GoVlog) Revitalisasi Pendampingan Terhadap Penderita HIV/AIDS

Kompleksitas permasalahan HIV/AIDS di Indonesia erat kaitannya dengan kemiskinan. Sejak tahun 1997 sejalan dengan krisis ekonomi yang melanda Indonesia, pengidap HIV/AIDS terus menunjukkan peningkatan yang hingga saat ini belum teratasi dengan baik.

Dewasa ini status Indonesia sudah berubah dari negara dengan kategori prevalensi HIV/AIDS rendah menjadi negara dengan kategori epidemi terkonsentrasi, seperti di Papua, Bali, DKI Jakarta, Provinsi Riau, Jawa Timur dan Jawa Barat. Data epidemiologis dari Biro Perencanaan Kementrian Sosial RI menunjukkan bahwa penularan HIV di Indonesia sejak tahun 1995 semakin memprihatinkan. Kenaikan jumlah kasus-kasus baru yang tertular HIV meningkat sangat tajam.

Sementara data dari Kementerian Kesehatan yang disampaikan oleh M. Subuh, dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, 25 November 2011 lalu memperkirakan sebanyak lebih dari 200.000 penduduk Indonesia menderita penyakit HIV/AIDS, dengan total populasi 240 juta, Indonesia memiliki prevalensi HIV 0,24 persen dengan estimasi ODHA 186.000.

Data itu mungkin masih lebih besar dan bisa mencapai lebih dari 200.000. Parahnya, separuh dari penderita itu adalah anak-anak muda yang berusia diantara 15 – 24 tahun. Namun hanya satu dari lima yang berada dalam resiko tinggi mempunyai akses terhadap pencegahan serangan virus yang tidak ada obatnya itu. Perlakuan diskriminatif terhadap perempuan dan anak-anak muda yang menderita HIV/AIDS masih terdapat di mana-mana.

Data ini tentu menjadi tantangan serius dalam pemberantasan HIV/AIDS nasional, apalagi di tahun-tahun mendatang tantangan yang dihadapi dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS semakin besar dan rumit sehingga diperlukan strategi baru untuk menghadapinya. Selain itu juga diperlukan paradigma baru dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Indonesia dari upaya yang terfragmentasi menjadi upaya yang komprehensif dan terintegrasi diselenggarakan dengan harmonis oleh pemerintah.

Dalam penanggulangan penyakit menular ini tidak cukup hanya dengan mengandalkan akserelasi upaya perawatan dan pengobatan saja. Tapi yang lebih penting adalah pendampingan dan dukungan kepada penderita HIV/AIDS itu sendiri, karena bagi mereka yang baru saja teridentifikasi virus HIV/AIDS akan mengalami depresi berat, sehingga butuh orang yang dapat memotivasi.

Pendampingan pasien HIV/AIDS yang paling efektif adalah melibatkan para ODHA lama yang secara psikologis sudah cukup kuat, selain mereka sudah berpengalaman, para ODHA dalam aspek sosial-psikologis juga lebih tegar dalam menerima kenyataan sosial selama mengidap penyakit HIV/AIDS. Semangat hidup yang dimilik ODHA inilah yang perlu ditularkan kepada para pasien HIV/AIDS lainnya yang masih rapuh, khususnya mereka yang baru saja teridentifikasi virus HIV/AIDS.

Kasus-kasus yang sering terjadi dilapangan, para penderita HIV/AIDS acapkali menghadapi stigma dan diskriminasi saat mengakses jasa-jasa perawatan kesehatan. Oleh karena itu, Revitalisasi Pendampingan Terhadap Penderita HIV/AIDS dipandang sangat perlu agar hak-hak asasi mereka atas perawatan kesehatan dapat terpenuhi dan dilindungi.

Melibatkan Orang-orang dengan HIV/AIDS dalam penanggulangan epidemi, perlu untuk memberikan pandangan yang lebih manusiawi terhadap HIV/AIDS di masyarakat umum, selain juga sebagai advokasi efektif dalam mengatasi stigma dan diskriminasi. Kita tidak selamanya bisa mengandalkan tindak nyata pemerintah, kesadaran masyarakat dan kerjasama yang baik dalam memperlakukan penderitan HIV/AIDS secara manusia adalah langkah paling efektif dalam memerangi penyakit menular HIV/AIDS ini.

Kerjasama yang baik haruslah bukan hanya pekerjaan ODHA dalam melakukan pendampingan, tapi juga keterlibatan masyarakat (normal) lainnya dalam memberikan perawatan dan dukungan/pendampingan bagi orang dengan HIV/AIDS positif, mengurangi diskriminasi dan stigma negatif, meningkatkan keterlibatan orang dengan HIV/AIDS dalam penanggulangan epidemi merupakan prioritas pemerintah, donor dan LSM, serta kelompok-kelompok pendukung orang HIV/AIDS positif dan masyarakat bawah pada umumnya.

Jika hal ini berjalan dengan baik, maka dengan mudah kita menjalankan akselerasi pencegahan baik dilingkungan sub-populasi berperilaku risiko tinggi maupun dilingkungan sub-populasi berperilaku risiko rendah dan masyarakat umum.

Catatan Akhir
HIV/AIDS adalah permasalahan nyata, kita tidak bisa memungkirinya, yang perlu dilakukan adalah memperkecil penyebarannya. Setidaknya kita bisa memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang tertular HIV/AIDS agar tetap dapat hidup produktif serta mengurangi beban sosial-psikologis yang dialaminya.

Orang yang positif HIV/AIDS cenderung tertutup dan takut untuk membuka jati dirinya termasuk kepada orang terdekat sekalipun. Jika si penderita HIV/AIDS mengatahui dirinya positif terjangkit HIV/AIDS, ada dua kemungkinan terbesar yang sering dilakukan oleh mereka, yaitu bunuh diri atau menularkan (bagi para PSK) kepada para pelanggannya sebanyak-banyaknya.

Maka disinilah letak urgensi komunikasi yang harmonis dengan penderita HIV/AIDS untuk bisa membangkitkan semangat hidup mereka. Tujuan pendampingan terhadap mereka yang positif mengidap HIV/AIDS ini lebih mengacu pada motivasi hidup agar mereka tetap bersemangat melanjutkan hidup. Selain itu pendampingan yang efektif akan mampu melakukan perubahan mental dan perilaku, baik di kalangan pekerja seks komersial (PSK) maupun pengguna narkoba.

Selain pendampingan secara sosial, pendampingan secara hukum oleh pemerintah juga sangat pentinga bagi ODHA, agar masyarakat tidak mengucilkan keberadaan ODHA, karena selama ini hanya sebatas himbauan saja kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan para ODHA. Mengingat kondisi tersebut, maka setiap kabupaten/kota harus mengeluarkan peraturan daerah yang tegas.


Daftar Bacaan



*) artikel ini diikut sertakan dalam "Lomba Blog Tentang Remaja dan HIV/AIDS"
Oleh Vivanews.com (GoVlog) dan Australian AID


Nama : Moh. Kholil Aziz SN
Domisili: Surabaya - Jawa Timur


Postingan di Twitter
Follow

2 komentar:

  1. Kami dari Admin GoVlog, perlu meminta data diri Anda yang mengikuti GoVlog AIDS. Data diri ini kami pergunakan untuk pemberitahuan jika Anda terpilih menjadi 10 besar.

    Nama Lengkap:
    Jenis Kelamin:
    No tlp/HP (yang bisa dihubungi):
    Email:
    Yahoo Messenger:
    Alamat lengkap:
    Pekerjaan:
    Link posting Blog GoVlog AIDS:

    Mohon data diri Anda dikirim ke email tommy.adi@vivanews.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. @tommytoxcum : saya sudah mengrimnya kemarin mas
    tapi tidak apa-apalah... saya kirim lagi

    BalasHapus