Sukses Tidak Harus Kaya dan Berprestasi

Entah salah jurusan atau apalah istilahnya, yang terpenting dari semua ini adalah karya yang patut dihargai. Dalam video ini yang bersangkutan (Angelo, Paul, Sondang, Yudhi Patrick) mengkolaborasikan antara lagu Pop, BeatBot, Guitar Acoustic, dan Rap. Mereka mempunyai potensi masing-masing dengan ciri khas dalam bidang yang mereka kuasai.

Music yang dibawakan dalam video ini cukup komplek kedengarannya sehingga tidak membosankan karena ada campuran musik dengan gender yang sangat kentara, yaitu perpaduan Pop, BeatBot, Guitar Acoustic, dan Rap, namun tetap dalam perpaduan yang indah. Video ini memang amatiran, tapi jangan sini dengan hal-hal kecil seperti ini, karena karya yang besar bukan hanya karya yang menggemparkan, tapi karya yang senantiasa terus bertambah.

Karya yang besar tidak sesempit dalam pemaknaan kemenangan sebagai makna sukses, bukan pula hanya berhasil melakukan sesuatu yang besar, tapi juga sesuatu yang kecil dan remeh, dan hal itu terus dikembangkan.

Selam ini kita sering salah menginterpretasikan makna sukses itu sendiri. Kita terjebak dengan doktrin bahwa sukses itu hanyalah mereka yang bergelimang harta dan meraka yang penuh prestasi. Soal prestasi, saya sendiri bukan mau menafikan, tapi kita seringkali menganggap mereka orang-orang yang tidak punya prestasi. Meski sebenarnya mereka punya potensi namun tidak tersalurkan.

Kita memang sulit mengubah pendefinisian yang sudah menjadi doktrin dan melekat di alam bawah sadar masing-masing, tapi setidaknya kita mulai membuka mata. Bahwa sukses dan kemenangan itu tidak seseimpit yang kita tahu selama ini. Banyak orang sukses, seperti halnya mereka yang sukses membwa hidupnya lebih santai dan tidak terbelenggu dengan berbagai hal tidak pentinga dan tidak terkekang dengan keberadaan orang lain.

Kemenangan sebagai makna sukses tidak mensyaratkan adanya keberhasilan dalam melakukan sesuatu (seperti halnya dalam lagu dangan video amatiran ini). Apa pun yang kita alami jika kita anggap sebagai kemenangan, maka hal itu adalah kemenangan dalam berkarya. Kemenangan yang membawa kebahagiaan itu terletak pada perasaan subyektif kita masing-masing.

Dan jika kemenangan yang kita persepsikan sebagai keberhasilan dalam melakukan sesuatu, maka kita perlu menganggap keberhasilan itu bukan dalam melakukan sesuatu yang besar. Tapi melakukan sesuatu yang kecil namun berkualitas dan terus difollow up secara terus menerus. Karena hal itu akan menjadi karya yang besar.

Tetaplah semangat kawan..

3 komentar:

  1. saya sangat setuju, sebetulnya yang sukses adalah yang berilmu walaupun tidak pintar

    BalasHapus
  2. Ntar kalo udh sukses baru bisa kaya, bknnya bgto..??

    BalasHapus
  3. Sebuah insipirasi yg bnr2 berharga,makasih gan atas infonya

    http://www.lokercirebon.com/

    BalasHapus