Beri Ruang Untuk Blogger; Sebuah Upaya Meningkatkan Kualitas Netter Indonesia

Bisa dipastikan kebanyakan pengguna internet Indonesia masih buta bagaimana mengoptimalkan internet untuk meraih kesuksesan dalam hidup, meraih kekayaan, mengembakan ilmu pengetahuan yang ia punya lewat internet, dan segala hal-hal berkaitan dengan manfaat besar dari internet.

Lebih-lebih ketika invasi besar-besaran oleh facebook yang telah membutakan mata ramaja Indonesia, yang seakan internet hanya berguna untuk membuka facebook saja. Dalam hal ini saya bukan mau menyalahkan pihak facebook, ini adalah kosekuensi logis dari kenyataan hidup di era teknologi seperti sekarang.

Dan hal itu juga membuktika masih terbelakangnya Indonesia dibidang teknologi, baik pemanfaatan dan penggunaannya. Pola pikir orang Indonesia terhadap teknologi masih diliputi oleh hal-hal 'tidak penting' yang bersifat kesenangan (tanpa makna) semata, tanpa pernah berpikir bagaimana memanfaatkannya.

Orang Indonesia adalah oran kreatif yang kadang tidak menemukan penyaluran, entah karena berbagai faktor yang menjadi penghalang dalam penyaluran atau karena acuhnya pemerintah dalam mengurusi jutaan rakyatnya. Hal-hal semacam ini memang sulit dicarikan solusinya.

Namun demikian, harusnya ini menjadi cambuk bagi kita untuk selalu mencari alternatif dan berbagai cara menuju kesuksesan tanpa harus bergantung kepada pemerintah. Dan inilah saatnya. Bodoh atau terbelakang bukanlah alasan logis untuk kita bermalas-malasan dan membunuh kreatifitas diri. Sekarang adalah era cyber yang segala sesuatunya dapat dijalankan dan dicari dengan mudahnya di internet.

Maka selanjutnya adalah, bagaimana menjadikan internet itu sesuatu yang berarti, bagaimana menjadikan internet sebagai penyokong kreatifitas kita, bagaimana menjadikan internet sebagai modal utama pembuktian kita bahwa kita layak diperhitungkan di kancah 'percaturan cyber' nasional dan bahkan internasional.

Dalam dunia cyber kreatifitas merupakan modal utama dalam meraih kesuksesan. Sebab, di dunia cyber siapa pun bisa ikut andil dan bersaing dalam mengukir prestasi dan meraih kesuksesan. Karenanya, tanpa kreatifitas yang dinamis, dengan sendirinya mereka akan tersingkir. Itulah ‘hukum alam’ yang berlaku di dunia cyber.

Salah satu cara efektif untuk meraih kesuksesan di dunia cyber saat ini adalah melalui blog. Ratusan juta orang berselancar di jagat internet setiap harinya untuk mencari informasi hingga untuk memenuhi kebutuhan mereka, maka blog menjadi media yang sangat efektif untuk menggapai mimpi akan sebuah kesuksesan.

Dan itu sudah banyak dibuktikan oleh anak negeri, mereka menghasilkan jutaan rupaih lewat internet, seperti membuat aplikasi di Android, Nokia, BlackBerry, Web desinger, Desain grafis, dan segala hal-hal yang berkaitan dengan kreatifitas. Mereka juga mampu go international berkat portfolio yang mereka posting di blog masing-masing dan kemudian orang-orang dari luar yang membutuhkan jasa kreatifitas mereka mengunjungi blognya.

Itu semua adalah prestasi, hanya saja blogger Indonesia selama seakan tidak diberi kesempatan untuk tampil. Negara kita hingga masyarakat kita seakan tak pernah perduli keberadaan blogger. Sementara media tanah air hanya sibuk memberitakan korupsi yang tak pernah usai.

Sedangkan berita-berita kesuksesan blogger tanah air seperti Enda Nasution, Trinity, Suaidin Usman, Isnaini dan pengembang aplikasi Android seperti Yuku Sugianto dan Deddy Avianto untuk OS BlackBerry tak pernah terjamah media kita. Prestasi itu lenyap begitu saja dan hanya orang-orang disekitar dan komunitas tertentu saja yang tau prestasi mereka.

Dan dikalangan remaja puteri Indonesia ada banyak fashion blogger yang berprestasi lewat blog hingga nasioanl dan bahkan internasional seperti Evita Nuh yang masih berumur 13 tahun. Ada lagi, Fitri Aulia dan Siti Juwariyah jilbaber yang juga eksis berkat blog pribadinya. Itu semua sudah cukup menjadi bukti bagi kita. Bukti bahwa internet mampu mengantarkan kita ke puncak kesuksesan.

Akhir kata, semoga dengan adanya lomba yang diadakan Komunitas Ngawur (Komunitas para blogger khusus Provinsi Jawa Timur), yaitu ngawur.org yang bekerja sama dengan Pusat Teknologi dan Blogger Nusantara ini bisa membangkitkan gairah blogger Indonesia yang mulai loyo untuk tetap berkreasi, dan bisa membuka mata masyarakat Indonesia betapa pentingnya pemanfaatan teknologi di era cyber ini.


Artikel Ini Diikut Sertakan Dalam Writing Contest “Pemanfaatan Teknologi Digital 
Untuk Indonesia” yang Diadakan Oleh Komunitas Ngawur

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. sukse lombanya masbro...
    sesama peserta mampir balik ya :
    http://bahtiar52.mypressonline.com/2012/07/19/membuka-mata-indonesia-memandang-potensi-dunia-maya/

    BalasHapus
  3. tingkatkan terus gan, semoga sukses jadi blogger terbaik,,,

    BalasHapus