Tren Bisnis Isi Pulsa: Semakin Praktis Semakin Menggiurkan

Lahan basah bisnis telekomunikasi di Indonesia memang sangat menggiurkan. Apalagi Indonesia mempunyai penduduk lebih dari 250 juta serta penggunaan telpon seluler yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Nielsen, persentase pengguna telepon seluler mengalami penanjakan yang cukup besar yaitu tumbuh dari 23 persen menjadi 53 persen dalam 4 tahun terakhir. 

Bisnis isi ulang pulsa memang cukup memberi harapan bisnis yang cerah bagi yang pandai memanfaatkannya. Bisnis model ini mulai marak sejak tahun 2005, karena kebutuhan komunikasi jarak jauh dan tren telpon seluler yang mulai merambah ke pelosok desa, juga semakin menguatnya ekosistem telpon seluler harga murah buatan Cina, belum lagi tren smartphone yang membutuhkan pulsa lebih banyak untuk membeli paket data.


Berdasar itulah beberapa tahun terakhir agen-agen pulsa  banyak bermunculan bak jamur di musim hujan, entah itu di perkotaan maupun di pelosok desa. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini penjual beras lebih sedikit ketimbang counter handphone. Bahkan kita dengan mudahnya melihat agen penjual pulsa di warung-warung atau bahkan ada yang bekerja sambilan sambil menawarkan isi ulang pulsa di kantor, sekolah, dan kampus. Praktisnya pengisian pulsa mendorong siswa dan mahasiswa untuk berbisnis pulsa dengan pangsa pasar teman-teman sekelasnya dan teman yang satu sekolah/kampus.


Bisnis isi ulang pulsa sebenarnya sama seperti bisnis-bisnis lainnya, suatu peluang usaha yang tersedia dan siapa saja boleh menjalankan bisnis ini. Juga seperti prinsip bisnis lainnya, di mana ada peluang usaha maka disana pasti ada pembeli dan produsen yang menawarkan sebuah produk. Selanjutnya tergantung kreatifitas orang tersebut dalam menjalankan bisnis ini. Sebuah produk pasti memiliki sebuah nilai yang layak untuk di jual. Dalam dunia bisnis, sebuah usaha pada dasarnya sama, hanya yang membedakan adalah bagaimana produk itu di jual. Bagaimana strategi yang akan di lakukan, apakah harga yang ditawarkan lebih murah atau lebih mahal, yang jelas sebuah produk dapat ditentukan nilai ekonomisnya.


Tapi bisnis isi ulang pulsa berbeda dengan jualan barang atau bisnis lainnya, selain praktis, modal kecil, bisnis pulsa juga memberikan keuntungan berkesinambungan dan terus menerus asal dijalani dengan serius. Apalagi kalau kita sampai jadi master dealer pulsa elektrik, ketika anda mendapatkan seorang costumer dan costumer tersebut merasa puas dengan produk kita maka mereka akan terus menerus membeli produk kita.


Tren bisnis pulsa  mengalami pergeseran cukup signifikan, dari yang awalnya menggunakan sistem konvensional beralih ke digital, atau yang lebih dikenal dengan pengisian pulsa elektrik. Pengisian pulsa elektrik yang sangat praktis ini memungkinkan siapa saja bisa menjadi agen pulsa dan menjalankan bisnis pulsa dengan cara mereka masing-masing. Banyak anak muda yang menjalankan bisnis pulsa hanya bermodalkan telpon seluler yang mereka gunakan sehari-sehari. 


Ada banyak ide bisnis pulsa yang sudah dilakukan, termasuk memanfaatkan dunia maya seperti yang dilakukan oleh Pojok Pulsa dalam menjaring pelanggan dan reseller. Pojok Pulsa mempermudah reseller yang mau serius berbisnis pulsa seperti daftar gratis, pulsa murah dibanding dengan master dealer lainnya dan keuntungan-keuntungan lainnya. Kita tidak perlu lagi membangun counter HP fisik yang memerlukan biaya banyak, cukup bermodalkan telpon seluler pribadi bisnis pulsa pun lancar. Buat kita pembeli, kita tidak perlu lagi datang ke counter hanya untuk isi pulsa saja. Lebih murah dan menguntungkan.


Pojok Pulsa adalah sebuah perusahaan yang memang fokus memenuhi kebutuhan pulsa masyarakat Indonesia, dengan sistem online yang ditawarkan memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mengisi pulsa handphone kita, dimana pun kita berada dan kapanpun, kita sudah bisa bertransaksi mengisi pulsa handphone kita dan tidak perlu ke counter. Saya yakin Pojok Pulsa dipersenjatai server dengan kecepatan tinggi dan PC online yang selalu siap siaga agar cepat dalam memproses kebutuhan pulsa kita.


Peluang bisnis pulsa  real time semakin banyak peminatnya karena bisa membantu orang-orang untuk dapat mengisi pulsa sewaktu-waktu misalnya tengah malam. Selain itu karena bisa dilakukan oleh pemula dan barang dagangan tidak mudah rusak atau busuk, itulah alasan utama bisnis pulsa mudah dan menjamur. Dan saking menjamurnya coba kita hitung berapa counter pulsa dalam satu RT (termasuk tiap individu yang ikut berbisnis pulsa).


Pada akhirnya ini menimbulkan persaingan binis antar pebisnis pulsa. Inilah kenapa harga tidak boleh disepelekan bila kita ingin sukses di bisnis pulsa, baik itu online maupun offline. Harga yang pas tentu saja adalah harga yang sesuai standar. Ini artinya kita tidak menawarkan pulsa dengan harga di atas rata-rata. Untuk mengetahui harga ideal, tentu saja diperlukan penelitian yang mewajibkan kita untuk menyediakan waktu yang cukup.


Kita harus mengamati dan pahami fenomena yang ada di lingkungan sekitar atau tempat kita akan memulai bisnis pulsa. Keuntungan dari bisnis isi ulang pulsa relatif kecil, total 300 hingga 1.000 rupiah yang dapat diambil setiap transaksinya. Namun, perhitungkan juga berapa kali transaksi dalam satu hari. Perlu diperhatikan juga adalah persaingan bisnis yang sejenis, apabila banyak bisnis yang sejenis bahkan sama, tentu tak akan banyak transaksi yang akan didapatkan.


Terlepas dari kemudahan menajalankan bisnis pulsa, bisnis tetaplah bisnis yang tak pernah mudah bila berbicara tentang kesuksesan. Hal terpenting adalah mengetahui bidang yang sedang kita jalani, dalam hal ini berbisnis pulsa maka kita harus tau seluk beluk bisnis pulsa hingga sistem-sistem terkecil sekalipun. Singkatnya adalah kita harus berbisnis dengan pengetahuan yang cukup agar tidak tersesat. Kini banyak sumber yang bisa digunakan untuk mengetahui banyak hal tentang bisnis pulsa.


Selain pengetahuan yang cukup, tentu saja menyediakan sistem yang bagus sangat penting bila berbicara tentang sukses di bisnis pulsa, apalagi sekarang mulai marak bisnis pulsa online seperti yang dilakukan Pojok Pulsa. Salah satu sistem yang diperlukan adalah sistem pemesanan yang membuat pembeli senang. Sistem ini harus mudah dijalankan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk pengoperasiannya. Jadi, meski bisnis pulsa itu gampang, kepuasan pelanggan tetap nomor satu.



Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa
Mau Pulsa Gratis? Follow: @pojoktweet | Facebook Page Pojok Pulsa | Pojok Pulsa Google Plus Page

2 komentar:

  1. Moga Menang Lombanya Boy, Semangat...!!!

    BalasHapus
  2. Permisi,
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101

    BalasHapus