Agama dan Trauma Masalalu


Agama dengan segala pernak-peniknya membuat kita terkekang dan segala macam yang menyangkut masalah kebebasan diri. Setidaknya begitu yang ada dipikiran orang-orang yang entah mau disebut orang apa.

Kalau kata "agama" dikasih sama orang-orang barat tentu kata tersebut akan diubah menjadi religion. Nah... kalau orang Barat sudah menyentuh dengan kata-kata religion tersebut, maka mereka akan terbawa ke trauma masalalu. Trauma dimana segala aktivitas manusia orang Barat terasa begitu dikekang oleh agamanya, yaitu Kristen.

Trauma ini memunculkan beragam sinisme orang-orang Barat terhadap satu kata "religion" tersebut. Maka bukan hal yang asing ketika Barat dengan segala spekulasi berlogika diseputar kata "religion" yang kadang tidak masuk akal dan dangkal. Apalagi ketika kata religion tersebut diarahkan ke kata "islam".

Bukan maksud menafikan orang-orang Barat dengan seabrak pemikir-pemikir yang mereka punya. Hanya saja, kita begitu sulit untuk menyentuh ranah tersebut. Sekiranya terlalu tinggi untuk diandaikan dengan hal-hal yang tak bisa kita jangkau dengan akal pemikiran kita.

1 komentar: