Keinginan yang Kuat dan Jiwa yang Labil

Eksplorasi bakat dengann mencoba segala macam yang kita sukai dan hal itu sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita kadang membuat kita lupa daratan, dalam hal ini kita begitu menikmatinya dengan konsentrasi tinggi dan angan-angan yang melambung saat tenggelam begitu dalam. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi besok atau lusa, entah itu hilangnya semangat yang menggebu-menggebu seperti sekrang, gesekan sosial kadang membenturkan keinginan kita dengan segala aspek yang bersifat dunia dan meterial.

Kita begitu bersemangat saat mempelajari suatu hal yang menjadi kesukaan kita, dalam kasus ini, orang celaka adalah orang yang begitu mudah tertarik dalam satu bidang tertentu dan ketika tertarik langsung memepelajarinya dengan semangat menggebu-menggebu. Tapi orang dengan tipe seperti ini juga cepet bosa pada suatu bidang yang sedang dipelajarinya ketika ada hal yang lebih menariknya, celakanya, orang itu akan meninggalkan sesuatu yang sedang dipelajarinya setengah perjalanan itu dan akan pindah ke bidang lain yang sedang menggodanya.

Labilisme dan keinginan yang kuat seringkali beriringan dengan orang seperti ini, mereka kadang bingun dengan tujuan hidupnya di masa depan. Karena sekarang sudah menetapkan A untuk masa depan, besoknya bisa jadi akan mentapkan B untuk masa depan, dan kemungkinan terbesar lusanya akan menetapkan C untuk masa depan. Hal ini terus berlanjut dan akan terus beputar tanpa poros, sesuatu yang telah dilaluinya akan terus diulang-ulang.

Tipe seperti ini biasanya tidak akan ahli pada bidang tertentu meski sebenarnya dirinya banyak mengerti segala hal (karena telah banyak belajar di tengah jalan tadi). Sulit menentukan apa yang akan benar-benar ditekuni akan sering dialami orang seperti ini karena tidak pernah bisa manahan godaan yang datang ketika sedang mempelajari suatu bidang. 

Mungkin kasus seperti diatas banyak dialami oleh anak-anak remaja hingga mahasiswa, tapi tidak menutup kemungkinan juga dialami orang-orang yang sudah dewasa sekalipun. Karena kebiasaan yang dibiasakan sejak dulu itu akan menjadi karakter hingga dewasa yang sulit diubah, dan ini sulit sekali disembuhkan. Ini mungkin bukan sejenis penyakit yang sulit disembuhkan, tapi alangkah baiknya jika anda antisipasi sejak dini demi tujuan dan cita-cita anda di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar